Sama-sama Idap Penyakit Langka, Ruben Onsu Mengalah Demi Sarwendah Dioperasi, Cemaskan Risiko Bahaya

Sama sama idap penyakit langka dan butuh operasi, Ruben Onsu mengalah demi Sarwendah. Ruben Onsu tengah dilanda kesedihan lantaran dirinya dan sang istri, Sarwendah sama sama divonis mengidap penyakit langka. Ayah tiga orang anak ini pun tak mampu menutupi kesedihannya mengetahui Sarwendah juga sakit.

Apalagi belum lama ini, dirinya juga harus menginap di ICU karena kondisinya mendadak drop hingga membuat dokter khawatir. Ruben lantas menceritakan kondisi terkini dirinya dan Sarwendah. "Tuhan ngasih cobaan lagi, kasih hadiah lagi buat kami di mana Sarwendah harus operasi di rumah sakit Bunda Jakarta, itu kistanya," cerita Ruben Onsu dikutip dari tayangan Brownies YouTube Trans TV, Jumat (17/6/2022).

Namun, tak hanya kista, Sarwendah justru divonis penyakit lain yang bersarang di batang otaknya. "Itu harus kita selesaikan satu satu, karena tidak hanya itu, dalam proses MRI dan proses yang lainnya, Sarwendah terkena salah satu penyakit langka, ada penyakit langka di batang otaknya," tambah Ruben sambil menangis. Demi mengobati istrinya, Ruben yang juga dalam kondisi tidak fit pun sempat didera perasaan sedih.

Lantaran dirinya dan istri harus sama sama dioperasi. Akan tetapi, demi sang istri, Ruben mengalah dan memprioritaskan segalanya. Dirinya merasa anak anaknya lebih membutuhkan sosok ibu dari pada ayahnya.

"Saya pun lagi melewati fase galau, maunya ketawa aja, tapi saya bilang sama istri saya ya rasa ketakutan yang saya rasakan, ya rasa ketakutan saya kemarin. Ketakutan kita berdua, khawatir adalah anak anak masih kecil. Ini saya bilang ke dia ini yang mau tindakan kamu atau aku dulu," tandas Ruben. Meski rela mengalah demi sang istri, Ruben juga bingung karena risiko operasi Sarwendah pun cukup besar. "Seandainya (operasi) di batang otaknya, misalnya tidak berhasil, itu berbahaya untuk penglihatannya, komunikasinya tidak senormal dulu. Kita sudah dikasih tahu akibatnya. Jika Sarwendahnya tidak stabil, itu mungkin akan berdampak berbahaya," pungkas Ruben Onsu.

Setelah sempat dirawat di ICU, Ruben Onsu menyinggung soal warisan untuk anak anaknya, termasuk Betrand Peto. Ruben Onsu rupanya telah mempersiapkan diri jika nanti dipanggil Tuhan. Kepada Melaney Ricardo, Ruben mengaku sudah mempersiapkan warisan dan penerus perusahaannya jika dirinya tiada.

Diketahui, dari pernikahannya dengan Sarwendah, Ruben dikaruniai dua orang putri bernama Thalia dan Thania. Sementara itu, ia mengangkat Betrand Peto sebagai putra angkatnya. Kendati demikian, Ruben sudah memperlakukan Betrand seperti anaknya sendiri.

Ia pun turut memberikan jatah warisan kepada Betrand. Tak cuma itu, kepada Betrand, Ruben memberikan pesan khusus. Bahkan Ruben Onsu memberikan pesan terakhirnya untuk sang istri, Sarwendah.

"Gue titip anak anak gue. Gak pernah gue minta kado apapun, yang penting gue titip anak anak gue," imbuh Ruben sambil menangis. Ucapan Ruben Onsu itu pun ditimpali Melaney Ricardo yang berharap sahabatnya berumur panjang. "Kan gue pengen lu umur panjang mak," timpal Melaney.

"Ada hal yang gak bisa gue ceritain, hanya Tuhan yang bisa jawab," jawab Ruben. "Apa yang gue punya, apa yang gue milikin, gue tahu ini hanya sementara," tambahnya. Mengakhiri kalimatnya, Ruben menitipkan pesan khusus kepada Betrand.

Sambil terisak, Ruben Onsu ingin putranya itu agar menjadi pria yang bertanggung jawab. "Gue harus mempersiapkan dia untuk menjadi seorang laki laki yang tidak meyakiti wanita. Dia tidak boleh menjadi orang yang egois kepada wanita, harus jadi orang yang bertanggung jawab," pungkasnya.

Presenter Ruben Onsu mengakui bingung dengan kondisi kesehatannya. Diketahui sebelumnya, ia mengejutkan publik setelah sempat dilarikan ke rumah sakit. Apalagi keberadaan Ruben Onsu di rumah sakit diabadikan olehnya dalam sebuah video.

Video tersebut dibagikan lewat kanal youtubenya. Kini tengah proses pemulihan, Ruben Onsu buka suara terkait kondisinya beberapa waktu lalu. Saat itu kondisi tubuhnya sempat drop, karena hemogoblinnya turun mencapai angka empat.

Kendati demikian, kondisi tubuhnya sempat membuat dirinya dan dokter yang menangani bingung. "Tapi dokter juga bingung, gue pusing nggak. Segala tes yang gue jalanin juga nggak, orang gue ketawa jorok jorokan sama Denny Cagur sebelum ke rumah sakit, gue juga bingung," kata Ruben Onsu ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (6/6/2022). Ruben mengaku setiap dua atau tiga bulan sekali, ia dan istrinya, Sarwendah Tan rutin melakukan medical chek up.

Terlebih lagi perenam bulan melakukan tes darah agar mengetahui kondisi kesehatannya. Sebab, Ruben menjadi salah satu presenter yang laris dan wajahnya menghiasi layar kaca untuk menghibur masyarakat. "Itu sudah dilakukan dari zaman aku bujangan sampai sekarang ini punya istri, nggak ada yang aneh," ucapnya.

"Tapi kemarin aneh, jam pulang kerja yang siang di telpon dokter dan bilang abis kerja ke rumah sakit," sambungnya. Ayah tiga anak itu pun kaget dengan permintaan tersebut. "Gua tanya kan, 'hah? Ngapain dok?'. Para dokter kondisi gua kritis. Gua tanya balik, 'lu nanya siapa nih?' Kata dokter aku yang kritis. Ya bingung juga, gua masih napak bumi kok kritis," jelasnya.

Setelah menyelesaikan pekerjaannya, kakaK dari Jordi Onsu itu pun baru berangkat ke rumah sakit. "Sampai di RS dokter lihat hasilnya, terus langsung ICU 3 hari. Itu minggu kemarin," ungkapnya. Setelah keluar dari rumah sakit, Ruben Onsu sadar bahwa dirinya bukan robot yang kuat bekerja selama satu hari penuh. Sehingga ia menghargai kesehatan diri.

"Sekarang masih pemulihan. Ya harus tidur yang cukup, istirahat semuanya," ujar Ruben Onsu. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.